TUGAS KARYA ILMIAH
"BISNIS BAKSO"
disusun oleh:
YUNUS ANNASIR
14.S1TI.01
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015
I. ABSTRAK
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campurandaging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan dagingkerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobakpedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual dipasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.
Variasi:
- Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
- Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
- Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
- Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
- Bakso udang: bakso berbahan dari udang
II. ISI
Usaha bakso adalah salah satu usaha kuliner yang membumi. Usaha ini dapat dilakukan di semua daerah. Usaha ini selalu tumbuh dari waktu ke waktu. Usaha ini juga tahan banting dalam semua keadaan ekonomi yang terjadi. Lihat saja, usaha baru restoran dan warung bakso selalu bermunculan. Demikian juga waralaba bakso semangkin menjamur.<br>
Lalu, bagaimana cara agar usaha bakso Anda semangkin berkembang dan sukses dalam waktu singkat? Berikut ini tipsnya.
1. Lokasi Yang Menjual
Usaha makanan, termasuk usaha bakso, membutuhkan pemilihan tempat yang menjual. Tempat yang menjual artinya, tanpa promosi yang gencar pun orang akan melalui lokasi usaha Anda. Karena itu, saat menentukan lokasi usaha bakso Anda, amati beberapa banyak traffic di lokasi tersebut. Tentu saja Anda harus memilih lokasi yang banyak traffic (pengunjung)-nya. Selain traffic pengunjung, lihat juga apakah ada parkirnya, bagaimana lingkungannya, dan apakah cocok lokasi tersebut dengan siapa segmen pasar yang akan Anda bidik.
2. Promosi Murah, Konsumen Melimpah
Apa pun jenis usaha dan kapasitasnya promosi harus tetap dilakukan. Sehingga brand usaha Anda bisa dikenal dengan baik oleh target market. Promosi tidak harus mahal dan menghabiskan budget tinggi untuk usaha kecil.
Ada cara-cara promosi ampuh yang bisa mendatangkan pembeli dengan cepat. Beberapa contoh promosi yang murah antara lain:
- Buatlah spanduk dengan warna yang mencolok dan dengan kata-kata yang menjual. Warna merah dan kuning bisa Anda pilih. Dan kata-kata di spanduk jangan monoton. Usahakan kata-katanya meNjual produk Anda. Misalnya: “Hari Ini Ada Resep Baru Bakso Yang Bikin Anda Ketagihan”, dan lain-lain.
- Beri seragam karyawan Anda. Seragam tidaklah mahal. Tapi dampaknya menjadikan bisnis Anda lebih terlihat profesional
- Minta testimonial pembeli dan pasang di dinding. Satu kalimat dari konsumen yang puas dengan produk Anda, lebih baik daripada seribu kalimat yang Anda ucapkan sendiri.
- Perhatikan interior dan penataan tempat. Interior tidak harus mahal. Yang penting bersih, rapi dan tampak profesional. Demikian juga penataan tempat harus menjadikan pelanggan merasa nyaman.
3. Nama Usaha Yang Membuat Konsumen Penasaran
Penentuan nama usaha ini sangat vital berkaitan dengan siapa target market Anda. Pada kalangan tertentu, perlu pemilihan nama tertentu pula. Misalnya, Bakso Pak Kumis. Nama seperti ini memberikan kesan negatif. Karena anggota tubuh tertentu memberikan kesan tertentu pula. Kalau segmen pasar Anda masyarakat luas, sebaiknya menggunakan nama yang tidak memberikan kesan negatif. Pemilihan nama yang bagus, akan membuat konsumen penasaran dan ingin mencoba bakso Anda.
4. Menjaga Kebersihan
Kebersihan toko dan peralatan usaha Anda sangat mutlak untuk diperhatikan. Bagaimanapun juga, Anda menjual makanan yang dikonsumsi langsung di lokasi. Karena itu, Anda harus menyediakan tempat dan peralatan yang bersih. Sebab kebersihan menjadi salah satu faktor penunjang kenyamanan pelanggan. Kebersihan juga menjadi daya tarik bagi calon pelanggan.
5. Latih Karyawan Anda Untuk Menjual
Kebanyakan karyawan di toko biasanya hanya berfungsi sebagai pelayan saja. Untuk itu, coba jadikanlah mereka sebagai tenaga penjual. Latih mereka untuk mejual sebanyak-banyaknya produk yang Anda miliki. Selalu tawarkan produk utama dan produk tambahan pada setiap konsumen yang datang. Jangan hanya berpedoman pada buku menu, apalagi jika buku menu Anda banyak pilihannya agar konsumen tidak merasa bingung.
6. Terapkan Ide-Ide Penjualan yang Bagus
Ada banyak ide-ide penjualan yang bisa langsung Anda terapkan. Ide-ide bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke warung bakso lain, atau mencari informasi di internet, mengunjungi pameran bisnis/waralaba, membaca buku dan lain sebagainya. Contohnya Anda bisa meningkatkan penjualan Anda dengan memberikan kartu diskon/member ke customer, ataupun dengan menggunakan sistem paket menu.
III. REFERENSI
http://id.wikipedia.org/wiki/Bakso
http://majalahmesinbisnis.com/6-cara-sukses-usaha-bakso-dalam-waktu-singkat/
Title :
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS " BISNIS BAKSO "
Description : TUGAS KARYA ILMIAH "BISNIS BAKSO" disusun oleh: YUNUS ANNASIR 14.11.7657
Rating :
5